TARGET PERTUMBUHN EKONOMI INDONESIA 2013 DIPREDIKSI MELESAT

17.20 silvi oktaviani 0 Comments










Metrotvnews.com, Jakarta: Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini dinilai akan meleset dari target pemerintah. Ini disebabkan lambatnya pertumbuhan di kuartal I 2013 yakni 6,02%.

"Hingga akhir tahun, pertumbuhan diperkirakan hanya akan mencapai 6,17%," ujar Kepala Danamon Anton Gunawan, Selasa (7/5). Dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2013, pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 6,8%.

Revisi ke bawah proyeksi pertumbuhan, kata Anton, didasarkan pada realisasi di tiga bulan pertama tahun ini. Pertumbuhan tersebut hanya ditopang kuat oleh pengeluaran rumah tangga.

Sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan di kuartal I 2013 yakni 6,02%, terendah sejak September 2010. Konsumsi masyarakat menjadi penggerak perekonomian di tengah perlambatan investasi.

Laju konsumsi sebenarnya tumbuh tipis di tengah peningkatan tekanan inflasi. Tapi, kondisi tersebut tidak akan berkelanjutan. Meski pemerintah melakukan penyesuaian harga BBM yang akan menekan tingkat konsumsi, tapi tidak akan berkepanjangan. "Perlambatan konsumsi paling lama hanya berlangsung dua kuartal," tekan Anton.

Apalagi, laju konsumsi itu akan dimotori kembali oleh belanja persiapan pemilihan umum. Tekanan perlambatan konsumsi juga akan dikurangi perbaikan penyerapan tenaga kerja yang terefleksi dari penurunan tingkat pengangguran terbuka menjadi 5,92%.

Sayangnya, pengeluaran belanja pemerintah hanya berkontribusi tipis terhadap pertumbuhan. Penyebabnya ialah rendahnya penyerapan anggaran karena berbelitnya administrasi meski terjadi peningkatan pengeluaran pemilihan kepala daerah.

Realisasi investasi mengalami perlambatan. Hal ini terjadi karena perlambatan investasi di sektor konstruksi dari 7,8% yoy menjadi 7,19%, dan penurunan impor barang modal, khususnya mesin-mesin sebesar 0,07%. "Perlambatan investasi tersebut sudah terindikasi dari penurunan penjualan semen dan impor barang modal," tandasnya. (Daniel Wesly Rudolf)

REFERENSI : http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/05/07/2/151789/Target-Pertumbuhan-Ekonomi-Indonesia-2013-Diprediksi-Meleset

0 komentar:

Follow Us